Pemilihan Ketua OSIS

Pada hari selasa (22/09/20) dilaksanakan pemilihan Ketua OSIS (pemilos) SMK Assalafiyyah yang bertempat di Lab Komputer. Pemilos dilaksanakan dengan cara e-voting digital. Setiap siswa akan mendapatkan passwordnya masing-masing untuk log-in atau masuk ke WEB khusus yang dibuat oleh SMK Assalafiyyah sendiri. Setelah siswa sudah log-in atau masuk ke WEB tersebut maka akan muncul foto calon ketua OSIS beserta visi dan misinya. Bagi siswa yang belum tahu apa saja visi misi dari calon Ketua OSIS mereka bisa melihatnya dengan cara meng-klik "Visi dan Misi" setelah itu siswa dapat membaca visi misi dari calon Ketua OSIS. Kemudian siswa bisa memilih calon ketua OSIS yang mereka pilih dengan meng-klik "Beri Suara" maka secara otomatis jumlah suara dari calon Ketua OSIS yang dipilih akan bertambah.

Pemilos umumnya dilakukan dengan pencoblosan menggunakan kertas, namun kami SMK Assalafiyyah menerapkan pemilos ini dengan sistem e-voting karena apa? karena melatih siswi untuk memilih secara luber jurdil (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil) sesuai pilihan masing-masing. Serta agar lebih efektif, memudahkan dalam menghitung hasil e-voting dan yang lebih utamanya adalah dapat mengurangi sampah kertas. Dengan menggunakan sistem e-voting akan memudahkan para pemilih dan menghemat waktu dalam pemilihan ketua OSIS (pemilos) dan dipastikan tidak akan ada kecurangan.

Pemilihan ketua OSIS SMK Assalafiyyah menjadi sebuah wahana edukasi untuk melahirkan pemimpin-pemimpin melalui mekanisme pemilos, bahwa Ketua OSIS terpilih bukan hanya memenangkan kompetisi, yang terpenting Ketua OSIS telah memenangkan kesempatan untuk berani belajar lebih banyak agar dapat mengemban tugas dan tanggung jawab yang lebih besar.